Categories
76. Al-Insan

Tafsir Surat Al-Insan Ayat-11

11. فَوَقَىٰهُمُ ٱللَّهُ شَرَّ ذَٰلِكَ ٱلْيَوْمِ وَلَقَّىٰهُمْ نَضْرَةً وَسُرُورًا

fa waqāhumullāhu syarra żālikal-yaumi wa laqqāhum naḍrataw wa surụrā
11. Maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati.

Tafsir :

Hari kiamat adalah hari yang buruk dan penuh kesusahan. Akan tetapi keburukan dengan segala kedahsyatannya dicegah oleh Allah Subhanahu wa ta’ala sehingga tidak mengenai orang-orang yang beriman. Oleh karenanya dalam ayat ini Allah Subhanahu wa ta’ala mengatakan bahwa akan melindungi mereka. Tidak lain Allah Subhanahu wa ta’ala melindungi orang-orang beriman pada hari kiamat karena sewaktu di dunia mereka senantiasa takut akan hari kiamat. Adapun orang-orang kafir di dunia tidak pernah merasa takut dengan hari kiamat, bahkan merasa aman darinya. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta’ala,

إِنَّهُ كَانَ فِي أَهْلِهِ مَسْرُورًا، إِنَّهُ ظَنَّ أَنْ لَنْ يَحُورَ

Sesungguhnya dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan keluarganya (yang sama-sama kafir). Sesungguhnya dia mengira bahwa dia tidak akan kembali (kepada Tuhannya).” (QS. Al-Insyiqaq : 13-14)

Oleh karenanya takut dengan hari kiamat itu adalah ibadah. Dan rasa takut itu merupakan sebab seseorang dilindungi pada hari kiamat kelak. Oleh karenanya kita belajar tentang dahsyatnya hari kiamat, dahsyatnya hisab, dahsyatnya mizan, dan dahsyatnya sirath, tidak lain agar tumbuh rasa takut dalam diri kita setelah menyadari akan betapa banyak kekurangan dan kesalahan kita. Dan rasa takut terhadap hari kiamat itu akan Allah Subhanahu wa ta’ala berikan balasan berupa perlindungan dari buruknya hari tersebut.

Selain Allah Subhanahu wa ta’ala melindungi orang-orang beriman dari keburukan hari kiamat, Allah Subhanahu wa ta’ala juga akan memberikan mereka نَضْرَةً وَسُرُورًا. نَضْرَةً dalam bahasa Arab adalah keindahan yang berkaitan dengan fisik. Yaitu orang-orang beriman akan diberikan fisik yang putih (bercahaya) dan wajah yang berseri-seri. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta’ala,

يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوهٌ

Pada hari itu ada wajah yang putih.” (QS. Ali-‘Imran : 106)

وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ مُسْفِرَةٌ

Pada hari itu ada wajah-wajah yang berseri-seri.” (QS. ‘Abasa : 38)

Adapun وَسُرُورًا adalah balasan yang berkaitan dengan batin([1]). Yaitu akan dimasukkan dalam hati-hati orang beriman kebahagiaan dan kegembiraan. Inilah dua balasan yang Allah Subhanahu wa ta’ala berikan kepada mereka pada hari kiamat kelak.

_______________________________

Footnote :

([1]) Lihat Tafsir Ibnu Katsir 4/263.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *