Categories
88. Al-Ghasyiyah

Tafsir Surat al-Ghasyiyah Ayat-1

1. هَلْ أَتَىٰكَ حَدِيثُ ٱلْغَٰشِيَةِ

hal atāka ḥadīṡul-gāsyiyah
Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan?

Tafsir Surat al-Ghasyiyah Ayat-1

Ada beberapa pendapat di kalangan ahli tafsir tentang makna Al-Ghasyiyah sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam Al-Qurthubi rahimahullah di dalam tafsirnya. (lihat Tafsir Al-Qurthubi 20/25-26)

Pendapat pertama mengatakan bahwasanya Al-Ghasyiyah adalah salah satu nama hari kiamat. Dan telah berlalu penjelasan bahwasanya nama-nama hari kiamat ada banyak, dimana nama-nama tersebut menunjukkan sifat-sifat hari kiamat. Dan diantara namanya adalah Al-Ghasyiyah yang secara bahasa artinya meliputi. Dinamakan demikian karena kedahsyatan hari kiamat dan kengeriannya akan meliputi seluruh makhluk pada saat itu. Ketika ditiupkan sangkakala yang pertama maka terjadilah kegoncangan, kedahsyatan, kengerian, kehancuran alam semesta, dan semua ini meliputi seluruh makhluk.

Pendapat kedua mengatakan bahwasanya Al-Ghasyiyah adalah salah satu nama neraka. Oleh karena itu, Allah menggunakannya di dalam Al-Quran pada firman-Nya:

سَرَابِيلُهُم مِّن قَطِرَانٍ وَتَغْشَىٰ وُجُوهَهُمُ النَّارُ

“Pakaian mereka dari cairan aspal, dan wajah mereka ditutupi oleh api neraka.” (QS Ibrahim : 50)

Allah menggunakan kalimat وَتَغْشَىٰ yang artinya meliputi dan menutupi, sehingga sebagian ulama mengatakan bahwasanya Al-Ghasyiyah artinya neraka jahannam, sehingga makna ayat adalah Allah menanyakan apakah telah datang berita tentang neraka jahannam, yang akan meliputi orang-orang yang disiksa dalam neraka jahannam sampai wajah mereka tertutupi oleh api yang sangat panas. Dan memang api neraka meliputi penghuninya dari segala sisi. Karenanya Allah berfirman :

لَهُمْ مِنْ فَوْقِهِمْ ظُلَلٌ مِنَ النَّارِ وَمِنْ تَحْتِهِمْ ظُلَلٌ ذَلِكَ يُخَوِّفُ اللَّهُ بِهِ عِبَادَهُ يَاعِبَادِ فَاتَّقُونِ

Bagi mereka lapisan-lapisan dari api di atas mereka dan di bawah merekapun lapisan-lapisan (dari api). Demikianlah Allah mempertakuti hamba-hamba-Nya dengan azab itu. Maka bertakwalah kepada-Ku hai hamba-hamba-Ku (QS Az-Zumar : 16)

Allah juga berfirman :

إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا ۚ

“Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka bagi orang zhalim, yang gejolaknya mengepung mereka.” (QS Al-Kahfi : 29)

Pendapat ketiga mengatakan bahwasanya Al-Ghasyiyah adalah penghuni neraka jahannam itu sendiri, dimana penghuni neraka jahannam تَغْشَىٰ النَّارَ akan masuk ke dalam neraka jahannam sehingga seluruh tubuh mereka akan diliputi neraka jahannam. Intinya semuanya mengabarkan tentang hari akherat yang sangat mengerikan.

Kemudian Allah menyebutkan golongan yang pertama yaitu golongan yang diadzab oleh Allah didalam neraka jahannam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *