Categories
101. Al-Qari'ah

Tafsir Quran Surat Al-Qari’ah Ayat-9

9. فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ

Latin : faummuhu haawiyatun

Arti  : “Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah”

Tafsir Quran Surat Al-Qari’ah Ayat-9

Haawiyah yaitu neraka yang sangat dalam dan terjal ke bawah yang tidak diketahui sejauh mana kedalamannya (Lihat Tafsir Al-Baghowi 8/514). Sebagaimana telah dimaklumi bahwasanya neraka Jahannam sangat dalam, bahkan disebutkan dalam sebuah hadits bahwa Nabi dan para sahabat pernah mendengar suatu bunyi seperti bunyi batu yang jatuh, kemudian Nabi menjelaskan bahwa bunyi tersebut adalah batu yang telah dilepaskan 70 tahun yang lalu, dan baru sampai ke dasarnya neraka Jahannam.

Pada ayat ini Allah menggunakan ungkapan فَأُمُّهُ yang dalam bahasa Arab artinya adalah “ibunya” yaitu “ibunya adalah neraka”. Sebagian mengatakan maksudnya adalah أَمَّ رَأْسِهِ  artinya dia dilemparkan ke dalam neraka Jahannam dengan kepala terletak di bagian bawah sehingga ketika jatuh maka yang pertama kali jatuh adalah kepalanya. (lihat Tafsir al-Baghowi 8/514)

Pendapat lain yaitu neraka disebut sebagai “ibunya”, karena anak kecil tempat kembalinya dan tempat bernaungnya yang pertama adalah ibunya. Maka demikianlah neraka adalah tempat kembalinya dan  bernaungnya orang-orang kafir. (lihat At-Tahriir wa At-Tanwiir 30/514). Sebagaimana seorang ibu selalu melazimi anak kecilnya maka demikian pula neraka (lihat Tafsir as-Sa’di hal 933). Sebagaimana ibu ketika memeluk anaknya maka dia akan mendekapnya erat-erat dan tidak akan dilepaskannya. Demikian pula neraka jahannam, orang-orang kafir mustahil untuk keluar dari neraka Jahannam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *