Categories
BAB 4

Berbantah-Bantahan – Hadis 37

Hadits 37
Berbantah-Bantahan

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبْغَضُ الرِّجَالِ إِلَى اللَّهِ الأَلَدُّ الخَصِمُ

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah ﷺ bersabda, Sesungguhnya orang yang paling dibenci oleh Allah adalah orang yang suka berbantah-bantahan.” ([1])

Makna Hadits

Sering sekali dijumpai orang yang sedang terlibat dalam bantah-membantah, dia sudah mengetahui bahwa dirinya salah akan tetapi masih saja ngeyel dan berusaha mempertahankan pendapatnya. Sikap seperti itu merupakan akhlak buruk yang dibenci oleh Allah ﷻ. Karena sikap ngeyelnya seseorang menunjukan adanya kesombongan pada dirinya, tidak mau mengalah, tidak mau mengakui kesalahan sendiri, dan tidak mengakui kelebihan orang lain yang mengungkapkan kebenaran. Syaitan datang dan mendiktekannya untuk tetap ngeyel dengan membisikinya,“Kalau engkau kalah debat maka kau akan hina di hadapan yang lain !“. Padahal kenyataan adalah sebaliknya, betapa banyak orang yang semakin dihormati dan dicintai masyarakat karena memiliki sifat mudah menerima kebenaran dan mengakui kesalahan. Justru orang yang suka ngeyel dibenci oleh masyarkat.

Footnote:

___________

([1]) HR. Bukhari no. 7188 dan Muslim no. 2668

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *